Troubleshooting Server, Workstation, Hub/Switch, NIC, Kabel LAN.

SERVER
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system). Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.




Permasalahan
Kegagalan server merupakan kondisi dimana server tidak dapat melayani client, meskipun koneksi LAN sedang berada pada status connected. Ketika hal ini terjadi, maka tentu saja user tidak akan bisa mengakses informasi yang dimiliki oleh server.

Analisa
Kegagalan server bisa terjadi karena banyak hal. salah satunya adalah sebagai berikut:
·         Yang pertama, kegagalan server bisa terjadi karena server menjadi terlalu sibuk, sehingga menyebabkan kapasitas server sudah melebihi batas yang menyebabkan server megnalami kegagalan.
·         Yang kedua adalah kondisi komputer server yang sedang tidak baik, misalnya harddisk yang terserang bad sector, ataupun diserang oleh virus-virus yang dapat menyebabkan server melambat dan menjadi off.

Solusi

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mematikan jaringan terlebih dahulu, lalu melakukan pengecekan terhadap server anda. Bersihkan server anda dari malware dan program lainnya yang mencurigakan, atau bisa juga merestar koneksi dan juga server anda.




WORKSTATION


Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer dan sebagainya. Apabila terjadi kerusakan pada komputer workstation berarti komputer yang digunakan tidak dapat masuk dalam jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.


FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KERUSAKAN ATAU GANGGUAN PADA JARINGAN KOMPUTER
  •  Tegangan listrik.
  • Mati atau tidak berfungsinya komponen pada jaringan.


Permasalahan yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu sering kita sebut jaringan dalam kondisi down. Down dalam jaringan bisa kita artikan sedang turun atau tidak bekerja secara maksimal, down dapat menyebabkan komunikasi dalam jaringan menjadi lambat atau tidak bekerja sama sekali. Down dalam jaringan LAN dapat dideteksi melalui indikator-indikator yang diperlihatkan oleh komponen jaringan antara lain:

1.    Server
2.    Workstation
3.    Hub /switch
4.    Network Interface Card (kartu jaringan)
5.    Kabel dan konektor


Permasalahan

Ketika Anda mencoba untuk mengakses komputer yang menjalankan Windows NT Server atau komputer yang menjadi anggota domain dengan salah satu dari metode berikut ini, gagal dengan salah satu pesan yang tercantum di bawah ini:


Analisa
Akun mesin komputer memiliki peran salah atau sandinya telah menjadi tidak cocok dengan domain database. 

Solusi
Log masuk secara lokal sebagai administrator lokal. Di jaringan alat panel kontrol, pilih perubahan dan masukkan nama grup kerja, meninggalkan domain. Mulai ulang komputer dan log pada secara lokal sebagai administrator lokal.

Ada dua metode untuk menggabungkan kembali domain:
1. Anda dapat bergabung dengan domain dari klien jika sekaligus Anda 
    dapat menyediakan administrator nama pengguna dan sandi di domain. 
2. Anda dapat menghapus akun komputer yang ada di Server Manager, ulang 
    Akun komputer, menyinkronkan domain, dan kemudian di klien bergabung 
    dengan domain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages